• Background and ObjectivesLatar Belakang dan Tujuan

    Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah menciptakan tantangan baru dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, social, budaya dan teknologi. Selain itu, kompetisi bisnis khususnya terkait persaingan pasar tenaga kerja professional di Indonesia saat ini mengundang para Akademisi maupun Praktisi dari berbagai disiplin ilmu untuk turut mangambil peran dalam fenomena kemajuan global tersebut. Keterlibatan akademisi dan praktisi di sini sangat penting dalam rangka mempersiapkan SDM yang bermutu dan tangguh sebagai aktor dalam kompetisi global. Dengan demikian, dibutuhkan wadah yang tepat untuk mempertemukan para aktor persaingan tersebut untuk saling berdiskusi dan menyampaikan hasil pemikirannya sebagai bahan untuk merakit kembali pengetahuan yang sudah dimiliki sehingga menjadi ilmu yang selaras dengan kondisi yang senantiasa berubah dari masa ke masa.

    Perekayasaan ulang pengetahuan atau re-engineering knowledge merupakan upaya untuk memberikan pembaharuan terhadap pengetahuan. Dalam hal ini, para cendekia dapat mengambil peran dalam usaha pengamatan, penelitian, serta menjadi bagian dalam berbagai forum diskusi atau konferensi yang menampung hasil karya dari berbagai disiplin ilmu. Untuk itu, maka Fakultas Ekonomi Unissula dengan bangga menyelenggarakan serangkain kegiatan dalam Conference in Business Accounting and Management 2017 (CBAM 2017) dengan tema Re-Engineering Knowledge Towards Business Competition. Capaian yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas SDM dengan pengetahuan yang terbarui dan siap menjadi pemenang dalam kompetisi bisnis dunia.

     

    CBAM 2017 merupakan forum tahunan bagi para akademisi, peneliti, praktisi dan mahasiswa S1-S3 dari berbagai disiplin ilmu yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Unissula, Semarang, Jawa Tengah. Pada tahun ini, CBAM merupakan penyelenggaraan yang ke tiga setelah kesuksesan yang diraih atas penyelenggaraan CBAM pada tahun 2012 dan 2015 yang lalu. Pada penyelenggaraan sebelumnya CBAM dihadiri oleh kurang lebih 150 pemakalah dan 100 peserta seminar dari berbagai instansi. Pada tahun ini, peserta CBAM 2017 diprediksi akan meningkat sehubungan dengan perluasan topik pembahasan dan kesadaran atas pentingnya konferensi ini bagi peningkatan mutu sumber daya manusia. Selain itu, pada rangkaian acara CBAM ke tiga ini juga akan diselenggarakan workshop dengan tema “Publikasi Jurnal Internasional” untuk perluasan keilmuan para peserta dalam mengembangkan karya-karya ditingkat internasional.

    Kegiatan ini bertujuan untuk:

    • Membangun jaringan diantara para cendekia yang memiliki komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan upaya peningkatan mutu sumber daya manusia
    • Secara khusus, menjadi sarana bagi peserta conference untuk dapat untuk terlibat dalam proses transformasi melalui riset-riset berkelanjutan yang terintegrasi dengan industri dalam rangka memenangkan kompetisi bisnis.
    • Menyediakan wadah bagi peserta Call for Papers untuk mempresentasikan karya ilmiah dalam bidang Akuntansi dan Manajemen dari hasil penelitian baik kajian teori maupun empirik yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan dunia praktis dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing di era ekonomi global.

    Dengan pelaksanaan kegiatan ini, maka diharapkan:

    • Terbangunnya dan meluasnya jaringan diantara para cendekia yang memiliki komitmen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan upaya peningkatan mutu sumber daya manusia
    • Peserta conference untuk dapat terlibat dalam proses transformasi melalui riset-riset berkelanjutan yang terintegrasi dengan industri untuk memenangkan kompetisi bisnis.
    • Meningkatnya hasil penelitian baik kajian teori maupun empirik yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan dunia praktis dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing di era ekonomi global.

    Leave a reply →